Minggu, 21 Oktober 2012

Agro Expo 2012 di Banjarnegara

Banjarnegara Agro Expo 2012 yang diikuti 50 peserta perwakilan dari Kecamatan dan swasta yang berlangsung 19 hingga 21 Oktober 2012 mendapat sambutan baik dari masyarakat khususnya penggemar tanaman di Banjarnegara.

Agro Expo yang dibuka langsung oleh Bupati Banjarnegara H. Sutejo Slamet Utomo, dimaksudkan untuk membangkitkan semangat para petani dan peternak guna meningkatkan hasil produktifritasnya. Pada event ini diharapkan bisa menjadi media untuk saling tukar informasi tentang budidaya maupun pasar hasil-hasil pertanian dan peternakan.
Dari pengamatan redaksi web ini, hampir semua stand Nampak dibanjiri pengunjung termasuk para siswa yang ingin mengetahui tentang dunia pertanian.
Salah satu stand yang secara terus menerus dipadati pengunjung adalah stand dari Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara. Di dalam stand itu Nampak ditata secara rapi tentang pemanfaatan halaman berukuran kurang dari dua meter persegi seperti tanaman waluh Cabocha, wortel, seledri, tomat, terong, selada kubis serta jenis sayuran lainnya.
Tidak kalah menariknya adalah beberapa tanaman pangan yang sekarang sulit dijumpai, seperti suweg, gadung, kati bubur, uwi, ganyong, gembili dan ketela angkik. Menurut petugas stand Fajar.M, jenis tanaman pangan seperti itu di Banjarnegara khususnya di beberapa daerah masih banyak dijumpai, katanya.
Serangkaian dengan kegiatan Agro Expo, Minggu 21 Oktober digelar lomba balap kelinci, rias kambing etawa dan domba Batur serta kontes ayam Bangkok. (s.bag).