Senin, 28 Juli 2014

Kekayaan alam Indonesia yang melimpah adalah anugrah yang perlu dijaga kelestariannya


Umat Islam di Banjarnegara pagi tadi berduyun-duyun menuju alun-alun kota untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1435 H. Sambil duduk bersila mereka mengumandangkan gema taqbir, tahlil dan tahmid. Berintak sebagai imam sholat H Ach. Muslih, S.Pd. M.Pd, sedangkan khotib disampaikan oleh Nurma Ali Ridwan, M.Ag.
Disamping ribuan umat muslim di kota Banjarnegara, hadir pula dalam sholat itu Bupati Banjarnegara H. Sutedjo Slamet Utomo, SH. M.Hum serta Wakil Bupati Banjarnegara Drs. H. Hadi Supeno, M.Si.
Nurma Ali Ridwan dalam khotbahnya antara lain mengajak kepada umat Islam untuk mau mensyukuri nikmat yang diberikan Allah, Swt.
Dikatakan, setelah kita diberikan kekuatan oleh Allah, Swt melawan hawa nafsu menyelesaikan ibadah puasa satu bulan penuh, maka kita mendapat kemulyaan di sisi Alloh Swt yang hendaknya selalu kita jaga dan dilestarikan dengan jalan membangun ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyah.
Dikatakan, sudah saatnya umat Islam mengesampingkan hal-hal furu’iyah yang hanya akan menambah fitnah dan pertentangan sesama umat Islam, dan juga akan menguras dan menyia-nyiakan waktu dan energy kita dengan perbedaan yang tidak begitu bermanfaat, yang seharusnya hal itu dapat kita gunakan untuk berfikir dan bekerja demi kemajuan dan kemaslahatan umat.
Pada kesempatan itu Ustadz Nurma Ali Ridwan, M.Ag. juga mengajak kepada seluruh umat Islam untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Indonesia adalah negeri yang besar yang terdiri dari 17 ribu pulau lebih dengan kekayaan alam yang melimpah ruah yang semuanya merupakan anugrah sekaligus amanat dari Allah Swt. Yang harus dijaga kelestariannya.
Pada akhir khotbahnya Nurma Ali Ridwan, M.Ag. mengharapkan agar di hari yang fitri ini kita perlu mengambil sikap sebagai muslim yang cerdas dan bijaksana serta menjalin hubungan dengan umat lain dengan tatacara dan tata tertib sesuai aqidah Islam. (s.bag)