Jumat, 26 Oktober 2012

Sholat Idul Adha 1433 H di Kota Banjarnegara

Pada bulan Dzulhijjah ini, umat Islam secara serempak melaksanakan berbagai ritual peribadatan yang tidak rutin atau tidak biasa. Bagi umat Islam yang mampu secara ekonomi serta sehat lahir dan batin, dapat melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Komisi IV DPR-RI Ir. H. Romahurmuziy, MT dalam khotbah Sholat Idul Adha 1433 Hijriah Tingkat Kabupaten Banjarnegara yang berlangsung di alun-alun kota, Jum’at 26 Oktober 2012.
Ir. H. Romahurmuziy, MT. selanjutnya mengatakan, secara ringkas Keutamaan Haji dijelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang artinya “Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga”
Dikatakan, bagi umat Islam yang belum berkesempatan untuk naik haji tidak perlu berkecil hati, karena masih ada ibadah lain yang pahalanya juga setara dengan ibadah haji, yaitu menyembelih hewan qurban. Ibadah haji dan menyembelih hewan qurban masih merupakan satu rangkaian peribadatan yang terkait dengan Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam.
Tetapi bagi yang tidak mampu berhaji dan berkurban, juga tidak perlu berkecil hati. Allah, SWT memberikan cara lain agar umatnya mendapatkan pahala besar. Ada beberapa peribadatan yang pahalanya setara dengan haji mabrur, seperti rajin sholat berjamaah di masjid serta belajar atau mengajar dengan ikhlas di masjid.
Bertindak sebagai imam sholat yaitu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banjarnegara H. Fahmi Hisyam, S.Ag. Hadir pula dalam kesempatan itu Bupati H. Sutejo Slamet Utomo dan Wakil Bupati H. Hadi Supeno, serta unsur Muspida. Selesai melaksanakan sholat Idul Adha, umat Islam yang telah mampu secara ekonomi melaksanakan penyembelihan hewan kurban, yang selanjutnya dibagi-bagikan kepada yang membutuhkan. (s.bag).