Selasa, 26 Juni 2012

Wisuda Khotmil Qur'an dan Pelepasan Siswa Kelas VI SDN 4 Krandegan

Allah SWT menurunkan Al Qur’an ke alam dunia ini dengan maksud dan tujuan yang mulia, yaitu sebagai petunjuk dan pedoman bagi kehidupan manusia. Petunjuk Al Qur’an mencakup segala aspek kehidupan manusia, baik kehidupan duniawi maupun ukhrowi. Untuk mencapai kebahagiaan tersebut, kepada setiap pribadi muslim dituntut untuk mempelajari isi dan kandungan Al Qur’an kemudian untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Atas dasar itulah, siswa-siswi SD Negeri 4 Krandegan, Banjarnegara, sejak beberapa tahun terakhir ini mengadakan kegiatan tadarus Al Qur’an secara tartil sebelum jam pelajaran dimulai. Soimin, selaku guru Pendidikan Agama Islam menjelaskan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membiasakan siswa  gemar membaca Al Qur’an, mempelajari dan merenungkan segala isi dan kandungannya, serta dipraktekkan dalam kehidupan di masyarakat.
Dikatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari Senin - Sabtu selama lebih kurang 20 menit sebelum jam pelajaran dimulai yang diikuti oleh siswa kelas IV sampai kelas VI. Sebagaimana dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun pelajaran 2011/2012 SD Negeri 4 Krandegan  juga menggelar acara wisuda Khotmil Qur’an. Kali ini berlangsung di gedung Korpri Kabupaten Banjarnegara baru-baru ini (21 Juni 2012).
Dengan menggunakan pakaian toga, siswa kelas VI SD Negeri 4 Krandegan membaca beberapa suratan pendek secara lancar dan do’a khatam Al Qur’an. Beberapa siswa yang dimintai komentarnya menyampaikan rasa gembira, saya sudah seperti mahasiswa beneran, ucap  Vidya. Kami mempelajari Al Qur’an dan berhasil khatam sejak usia kelas IV, katanya.
Bersamaan dengan acara tersebut, dilaksanakan pula acara pelepasan siswa-siswi kelas VI tahun pelajaran 2011/2012. Dalam kesempatan itu, baik Kepala Sekolah Achmadun, S.Pd, maupun ketua Komite Sekolah. Riyanto, SH. M.Hum,  menjelaskan tentang perkembangan lembaga pendidikan di SD Negeri 4 Krandegan selama setahun ini.
Menurut Achmadun, S.Pd. pada tahun pelajaran 2011/2012 siswa SD Negeri 4 Krandegan yang berjumlah 100 anak, pada Ujian Nasional kemarin berhasil lulus 100 % dengan perolehan nilai yang cukup bagus. Sementara itu untuk tahun pelajaran 2012/2013 SD Negeri 4 Krandegan membatasi jumlah siswa baru, yaitu 56 untuk dua rombel dari jumlah pendaftar sebanyak 75 anak.
Hadir dalam kesempatan itu Pengawas TK/SD UPT. Dindikpora Kecamatan Banjarnegara Sumaryo, S.Pd. M.Pd serta pengawas Pendidikan Agama Islam Kecamatan Banjarnegara Miskun, S.Ag. (s.bag).

Sumber:  http://sd4krandegan.blogspot.com